Gorden terbaru 2019 – Saat ini gorden sudah seperti salah satu ukuran gengsi seseorang. Gorden dapat mendatangkan suasana tersendiri bagi sebuah ruangan. Kesan elegan, etnik, minimalis dan lain sebagainya dapat diciptakan dengan memasang gorden sesuai keinginan si pemilik rumah. Model-model gorden yang baru juga banyak bermunculan setiap waktu. Motif yang semakin beragam yang membuat penikmat keindahan menjadi memiliki banyak pilihan.

Model Gorden Yang Umum

Ada beberapa model gorden yang umum di kalangan masyarakat. Gorden-gorden tersebut banyak digunakan dalam ruangan rumah, 3 di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Gorden geser
Hasil gambar untuk gorden geser

Untuk membuka gorden jenis ini hanya perlu menggeser salah satu sisi kain, bisa yang kiri atau yang kanan. Bisa menggunakan macam-macam kain juga. Kain gorden akan tersibak dan berkumpul di salah satu ujung rel gorden. Model ini adalah model yang paling umum dan paling lama ada.

  • Model gorden kupu-kupu
Hasil gambar untuk model gorden kupu kupu

Penamaan gorden model ini terinspirasi dari serangga kupu-kupu yang memiliki 2 sayap. Terdapat belahan di tengah tirai, kedua sisi tirai atau gorden dapat ditarik ke samping untuk kemudian diikat pada tempat yang telah disediakan. Seiring berkembangnya waktu, terdapat beberapa variasi pada model kupu-kupu ini. Biasanya terdiri dari 2 lapisan,  dimana lapisan dalam menggunakan kain renda yang tipis.

  • Model gorden poni
Hasil gambar untuk gorden poni di eropa

Model ini adalah gabungan dari macam-macam jenis gorden, hanya saja ditambahkan kain di atasnya. Penambahan kain ini merupakan tumpukan yang memiliki ukuran pendek. Jika dilihat bentuknya memang seperti poni seseorang yang menutupi kening. Model ini cukup elegan jika pemilihan warna dan motifnya tepat.

Macam-macam Jenis Penutup Jendela

Ada banyak sekali jenis penutup jendela selain gorden terbaru 2018, sebenarnya tak hanya untuk menutupi jendela saja, namun bisa juga untuk menutupi ventilasi atau pintu. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Kerai

Kerai adalah tirai atau penutup yang terbuat dari bahan non kain. Biasanya terbuat dari bambu atau rotan, namun seiring perkembangnnya, bahan-bahan non-organik seperti atom atau plastik digunakan untuk membuat kerai ini. Sekatnya tidak rapat dan bentuknya kaku, maka dari itu kerai tidak bisa dibuat berbagai macam model, hanya bisa ditarik ke atas bawah atau ke samping kiri kanan saja (hanya bisa menggulung).

  • Gorden

Bahan untuk gorden sangat bervariasi, ada beludru, sutra, linen, damask, tenus dan macam-macam kain lainnya. Warna dan motif gorden saat ini juga sangat beragam, dapat disesuaikan dengan tema ruangan. Cara membuka gorden adalah dengan cara digeser, oleh karenanya disebut tirai geser.

  • Tirai lipat

Tirai lipat tidak jauh berbeda dengan gorden. Bahan yang digunakan untuk pembuatan tirai lipat juga sama dengan gorden, oleh karenanya banyak yang menyamakan tirai lipat dengan gorden. Fungsi keduanya pun sama saja, menghalau panas dan mempercantik ruangan. Perbedaan utamanya adalah pada cara membukanya yakni dengan cara digulung ke atas.

  • Roller Blind

Pada jenis gorden roller blind, terdapat tali yang dapat ditarik untuk membuka tirai ini. Jika talinya ditarik, gorden akan menggulung ke arah atas. Bahan yang digunakan untuk jenis gorden ini biasanya kain dimout, tidak memungkinkan menggunakan bahan kain yang lemas untuk tirai model roller blind.

  • Vitrase

Sebenarnya ini merupakan kelengkapan gorden, berupa kain tipis yang tetap dapat memasukkan sinar matahari, hanya saja dalam intentisitas kecil. Vitrase juga berfungsi untuk menghalangi pandangan dari luar.

  • Horizontal Blind

Penutup jendela ini terbuat dari non kain. Bentuknya berupa bilah bilah memanjang/ horizontal selebar jendela. Bahannya adalah dari kayu, aluminium, atau kertas.

Itulah tadi sedikit info mengenai gorden terbaru 2019. Gorden sudah memiliki fungsi ganda, yakni selain sebagai penghalang sinar matahari serta menjaga privasi orang di dalam rumah, juga sebagai aksen untuk mempercantik sebuah ruangan. Keberadaan gorden akan membawa kesan tersendiri pada hunian Anda. Pilihlah gorden yang tepat agar Anda betah di rumah serta membuat rumah terlihat nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *